𝓕𝓸𝓻𝓶 𝓨𝓪𝓷𝓰 𝓭𝓲𝓰𝓾𝓷𝓪𝓴𝓪𝓷 𝓸𝓵𝓮𝓱 𝓕𝓻𝓸𝓷𝓽 𝓞𝓯𝓯𝓲𝓬𝓮

Berikut adalah form-form yang digunakan oleh Front Offiice:



1. Log Book : Buku laporan setiap section atau satu shift ke shiftberikutnya.




2. Reservation Form/Card : Formulir/kartu pemesanan kamar, untuk mencatat data-data pemesanan kamar.

Hasil gambar untuk reservation form


3. Group Information Sheet : Lembaran informasi untuk tamu-tamu rombongan yang akan menginap dihotel.
Hasil gambar untuk form group information sheet

4. Group List : Daftar nama-nama tamu peserta rombongan yang akan menginap dihotel.


5. Reservation Slip : Slip pemesanan kamar, untuk mencatat nama tamu yangsudah memesan kamar, kemudian disimpan di Reservation rack.

6. Expected Arrival List : Daftar tamu yang diharapkan kedatangannya dan telah memesan kamar sebelumnya.
Hasil gambar untuk form expected arrival list

7. Expected Departure List : Daftar tamu yang akan check out pada hari itu.
Hasil gambar untuk form expected departure list




8. Express Check Out Form : Form yang digunakan untuk tamu yang akan check out sebelum waktunya check out tiba.


9. Confirmation Letter : Form untuk mengkonfirmasikan kembali kedatangan tamu sebelum check in.


10. No Show List : Daftar untuk tamu yang sudah memiliki reservasi tetapi tidak datang pada waktu yang sudah ditentukan dan tanpa konfirmasi.


11. VIP Guest List : Form yang berisi daftar tamu-tamu VIP yang menginap dihotel.


12. VIP Order List : Form yang digunakan untuk mencatat semua pesanan/permintaan tamu VIP selama menginap dihotel.


13. Message Form : Form yang digunakan untuk mencatat setiap pesan tamu.


14. Morning Call Sheet : Form yang berisi data tamu yang meminta untuk dibangunkan pada pagi hari.


15. Room Control Sheet : Lembaran informasi yang digunakan untuk mengetahui pemesanan kamar yang sudah diterima dan kamar yang masih bisa dipesan.


16. Registration Card : Formulir yang berisi data tamu , yang harus diisi oleh tamusaat proses check in dihotel.
Hasil gambar untuk registration card hotel


17. Credit Card Slip : Formulir bukti pembayaran menggunakan kartu kredit.



18. Cash Receipt : Formulir bukti pembayaran menggunakan uang tunai.
Hasil gambar untuk cash receipt hotel


19. Guest card : Kartu identitas tamu yang menginap di hotel, digunakan agar dapat menggunakan fasilitas hotel.


20. Meal Coupon : Kupon untuk breakfast di hotel, berlaku sampai tanggal check out.
Hasil gambar untuk meal coupon hotel


21. Welcome Drink Voucher : Voucher yang dapat ditukarkan dengan minuman selamat datang yang diberikan saat tamu check in.


22. Room & Rate Change Form : Form yang digunakan saat tamu pindah/ganti kamar.


23. Sleep Out Order Form : Form yang digunakan untuk mengkonfirmasi tamu yang akan menginap di luar hotel.



24. Safe Deposit Box Record Form : Form yang digunakan untuk mencatat setiap barang yang dititipkan di safe deposit box.
Hasil gambar untuk Safe Deposit Box Record Form


25. Paid Out : Form yang digunakan untuk tamu yang meminjam uang kepada hotel (Khusus untuk tamu yang menginap di hotel saja).
Hasil gambar untuk paid out form


26. Miscellaneous Form : Form yang digunakan untuk penukaran mata uang asing (Digunakan juga untuk semua pembayaran yang tidak menggunakan nomor bill).
Hasil gambar untuk Miscellaneous Form


27. Guest Bill : Catatan transaksi tamu/ transaksi debet rekening tamu selama tamu menginap di hotel, yang berisi : harga kamar/malam , F&B Charge, Laundry, Outside call,etc.
Hasil gambar untuk guest bill front office


28. Rebate Form : Form yang digunakan pada saat terjadinya kesalahan / perubahan dalam tagihan.

29. Remittance of Fund : Form yang digunakan sebagai bukti setoran kasir pada akhir shift, yang
jumlahnya harus sesuai dengan house bank yang diterima.


sumber: http://newculturalsop.blogspot.co.id/2017/01/form-form-yang-digunakan-oleh-front.html

0 Response to "𝓕𝓸𝓻𝓶 𝓨𝓪𝓷𝓰 𝓭𝓲𝓰𝓾𝓷𝓪𝓴𝓪𝓷 𝓸𝓵𝓮𝓱 𝓕𝓻𝓸𝓷𝓽 𝓞𝓯𝓯𝓲𝓬𝓮"

Posting Komentar